Sabtu, 29 September 2012

 Komponen komponen sistem pendingin air ini meliputi : Radiator, Tutup radiator, Pompa air, Kipas,  Katup termostat, Tangki reservoir. keenam komponen ini sangat penting dan perlu pemeliharaan. pada postingan ini saya hanya akan menjelaskan fungsinya saja.

1) Radiator
 Radiator pada sistem pendinginan berfungsi untuk mendinginkan air atau membuang panas air ke udara melalui sisrip-sirip pendinginnya.
materi smk
 Konstruksi radiator terdiri dari:
  • Tangki atas berfungsi untuk menampung air yang telah panas dari mesin. 
  • Inti radiator atau radiator core berfungsi untuk membuang panas dari air ke udara agar suhu air lebih rendah dari sebelumnya. 
  • Tangki bawa berfungsi untuk menampung air yang telah didinginkan oleh inti radiator dan selanjutnya disalurkan ke mesin melalui pompa. 
2) Tutup Radiator
 Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan titik didih air pendingin dengan jalan menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi daripada tekanan uadar luar.
Di samping itu pada sistem pendinginan tetrutup, tutup radiator berfungsi untuk mempertahankan air pendingin dalam sistem meskipun dalam keadaan dingin atau panas.
tutup radiator


3) Pompa Air
 Pompa air berfungsi untuk menyirkulasikan air pendingin dengan jalan membuat perbedaan tekanan
antara saluran isap dengan saluran tekan pada pompa.Pompa air yang biasa digunakan adalah pompa sentrifugal.

4) Kipas Pendingin
 Kipas berfungsi untuk mengalirkan udara pada inti radiator agar panas yang terdapat pada inti radiator dapat dipancarkan ke udara dengan mudah. Pada kipas pendingin listrik digerakkan oleh motor listrik akan menghasilkan efisiensi pendinginan yang lebih baik.dan membantu pemanasan awal air pendingin yang lebih cepat, penggunaan bahan bakar yang lebih hemat, dan juga mengurangi suara berisik

5) Tangki Reservoir
 Tangki reservoir berfungsi untuk menampung air pendingin ketika terjadi kenaikan tekanan air karean suhu tinggi dalam radiator sehingga air akan meluap. Ketika suhu air pendingin turun terjadi kevakuman maka air dalam tangki reservoir akan diisap kembali ke dalam radiator.

6) Katup Termostat
 Katup termostat berfungsi untuk menahan air pendingin bersirkulasi pada saat suhu mesin yang rendah dan membuka saluran dari mesin ke radiator pada saat suhu mesin mencapai suhu idealnya. Katup termostat perlu diservis dari kemungkinan tidak berfungsi secara baik.
Sekian... Terimakasih..
Categories:

1 komentar:

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!